Teka-teki Silang

Kumpulan teka-teki silang. Permainan (game) untuk mengasah otak.

ads

Teka-teki silang ini memerlukan javascript agar bisa dimainkan.

Manfaat Mengisi Teka-teki Silang (TTS)

Teka-teki silang merupakan permainan. Namun, bukan sekedar permainan. Ada banyak manfaat dari kegiatan mengisi TTS. Mengisi kotak-kotak kosong berdasarkan petunjuk yang tersedia, memang mengasyikkan, apalagi kalau bisa terisi semua. Namun, seringkali membuat penasaran apabila ada kotak yang masih kosong.

teka-teki silang

Mau tahu apa saja manfaat mengisi teka-teki silang? Berikut ulasannya.

1. Asah otak
Manfaat pertama adalah untuk mengasah otak. Dengan petunjuk (clue) yang ada, pengisi TTS diharuskan untuk mengisi kotak-kotak yang kosong. Jika satu soal berhasil dijawab, maka akan mempermudah untuk menjawab soal lainnya yang kotak-kotaknya terkait. Sehingga TTS merupakan media asah otak yang menyenangkan.

2. Menambah kosakata
Dalam TTS seringkali dijumpai kata-kata yang tidak lazim dalam bahasa Indonesia, meskipun sebenarnya kata tersebut termuat dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Bermain TTS bisa bermanfaat untuk menambah kosakata. Tak hanya kosakata kata-kata dalam bahasa Indonesia, tapi juga kosakata lainnya, seperti ibukota negara, bahasa Inggris, dan sebagainya.

Seringkali dijumpai soal sinonim di mana pada petunjuk soal, jawabannya adalah sinonimnya. Hal ini sangat berguna untuk menambah perbendahaaraan kata atau mengingat kembali kata yang lupa artinya.

3. Melatih daya ingat
Manfaat selanjutnya yaitu untuk melatih daya ingat. Dalam menjawab TTS, maka kita perlu mengingat-ingat apa yang kita tahu untuk menjawab pertanyaan TTS. Dengan begitu, mengisi TTS menjadikan otak mengingat pengetahuan yang tersimpan di otak.

4. Menambah rasa ingin tahu
Seringkali soal yang tidak terjawab pada TTS membuat rasa penasaran. Jika dengan menggunakan daya ingat tidak bisa dijawab atau sama sekali tidak tahu, bisa dengan menggunakan bantuan buku pengetahuan umum jika soalnya tentang ibukota negara, KBBI jika soalnya tentang sinonim, kamus bahasa Inggris jika soalnya tentang bahasa Inggris, dan sebagainya.

5.  Menambah wawasan
Setelah rasa ingin tahu muncul dan mencoba untuk menjawab soal TTS dengan bantuan, pengetahuan dapat bertambah. Hal ini berarti kegiatan mengisi TTS juga dapat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

6. Mengatas rasa bosan
TTS dapat bermanfaat untuk mengusir rasa bosan, misal bosan sendirian, bosan saat menunggu di stasiun, dan sebagainya. Namun, dengan banyaknya gadget yang beredar seperti sekarang ini, tampaknya banyak orang yang lebih memilih memainkan gadget ketimbang TTS.

7. Meningkatkan konsentrasi
Dalam mengisi TTS, seseorang harus konsentrasi. Seseorang perlu mengamati kotak-kotak TTS, seperti nomor soal dan letak nomor pada kotak dan jumlah kotak pada soal. Sehingga TTS bisa bermanfaat untuk meningkatkan konsetrasi.

Itulah 7 manfaat mengisi teka-teki silang (TTS).

Cara Membuat Teka-teki Silang di Komputer / Laptop

Apakah Anda hobi mengisi teka-teki silang (TTS)? Apakah Anda tertarik untuk membuatnya? Untuk membuat TTS di komputer / laptop, bisa dengan menggunakan Microsoft Word atau Microsoft Excel. Namun, kedua program tersebut bukan program khusus untuk membuat TTS. Ada program yang khusus untuk membuat teka-teki silang yang bisa dijalankan di komputer atau laptop.

Ada berbagai program pembuat kotak-kotak TTS, ada yang berbayar dan ada juga yang cuma-cuma. Untuk Anda yang ingin membuat TTS, Anda bisa menggunakan EclipseCrossword. EclipseCrossword merupakan program pembuat TTS (crossword maker) yang bisa digunakan untuk membuat TTS secara mudah. Dengan program ini, kita tak perlu membuat kotak-kotaknya terlebih dahulu, kita bisa fokuskan untuk membuat soal (clue) dan jawabannya, kemudian program tersebut akan meng-generate bentuk TTS. Dimensi TTS juga bisa diatur.

Namun, karena prosesnya otomatis, bentuk TTS tidak beraturan alias tidak simetris. Jika menginginkan bentuk yang lain, bisa dengan cara regenerate, maka akan tampil bentuk TTS yang baru. TTS yang dihasilkan bisa dimainkan di komputer / laptop langsung, bisa juga dalam versi cetak, yang nantinya bisa di-print.

Program TTS ini sangat berguna untuk pendidikan. Bagi para siswa yang punya tugas membuat teka-teki silang, bisa dengan menggunakan program ini. Bagi para guru yang ingin mengajar para siswanya dengan cara berbeda, bisa dengan membuat TTS yang bertema mata pelajaran tertentu. Karena TTS adalah permainan, maka belajar melaui TTS berarti belajar sambil bermain.

Berikut ini adalah contoh screenshot TTS yang dibuat dengan menggunakan EclipseCrossword.
Gambar teka-teki silang, TTS

Untuk membuat TTS dengan bentuk yang teratur dengan EclipseCrossword, prosesnya rumit, yaitu harus mengedit script yang dihasilkan EclipseCrossword. Hal ini karena program ini merupakan program pembuatan TTS dengan hasil yang random (acak). Untuk membuat TTS dengan bentuk yang teratur, saya biasa menggunakan HotPotatoes. Dengan HotPotatoes, desain TTS bisa dibuat sendiri, tidak seperti EclipseCrossword yang otomatis.

Berikut ini adalah contoh screenshot TTS yang dibuat dengan menggunakan HotPotatoes.

TTS, teka-teki silang

Anda berminat untuk membuat TTS? Jika ada pertanyaan, silakan masukkan ke kolom komentar!

17 Teka-teki Logika dan Jawabannya

Teka-teki logika merupakan kumpulan pertanyaan teka-teki  untuk mengasah logika. Teka-teki ini bisa untuk hiburan, sebagai alterantif permainan untuk dimainkan bersama dengan teman, saudara, atau keluarga. Selain mengasyikan, hal ini juga dapat mengasah pikiran. Silakan coba jawab untuk asah otak, mengasah kemampuan logika! Admin juga menyediakan jawabannya. Bagi anak SD, SMP, SMA, atau mahasiswa, atau siapa saja yang merasa tertarik, silakan dicoba untuk menjawab soal-soal logika berikut ini!

Soal Teka-teki Logika

1. Dalam suatu balapan motor, Jorge Lorenzo yang menjadi pembalap terdepan berhasil menyalip pembalap yang ada di posisi paling belakang. Posisi ke berapakah Jorge Lorenzo setelah itu?

2. Bagaimana cara menyusun operasi matematika dengan angka 9 hingga menghasilkan angka 100?

3. Jika dibutuhkan waktu 10 menit untuk merebus 1 butir telur, berapa waktu yang diperlukan untuk merebus 10 butir telur?

4. Ada seseorang yang berjalan di tepi pantai tanpa memecah air. Ketika ia menoleh ke belakang, ia tidak menemukan jejak kakinya. Mengapa?

5. Berapa kali muncul angka 8 pada bilangan bulat 1-100?

6. Lebih besar mana antara 56% dari 65 atau 65% dari 56?

7. Dalam sebuah keluarga, terdapat 3 anak perempuan yang masing-masing memiliki 1 adik laki-laki. Berapakah jumlah anak laki-laki dalam keluarga tersebut?

8. Ada dua kakak beradik yang apabila umur mereka dijumlahkan hasilnya 21 tahun dan selisih umur mereka 2 tahun. Berapakah umur mereka?

9. Sebutkan 3 buah bilangan yang apabila dijumlahkan hasilnya sama dengan hasil perkalian ketiga bilangan tersebut?

10. Mana yang lebih berat, kapas 100 kg atau besi 100 kg?

11. Jika ada 2 ekor unta yang satu menghadap ke barat dan yang satunya lagi menghadap ke timur, bagaimana cara agar kedua unta tersebut berhadapan tanpa harus menggerakkan kepala mereka?

12. Dalam lomba balap karung, Wawan yang berada di posisi ketiga, berhasil menyalip peserta yang ada di posisi kedua. Posisi berapakah Wawan setelah itu?

13. Apa huruf kelima dalam abjad?

14. Bagaimana cara menyusun penjumlahan bilangan yang terdiri dari angka 8 hingga menghasilkan angka 1.000?

15. Ada keranjang yang berisi 5 buah apel. Bagaimana cara membagi rata apel tersebut kepada 5 anak sementara harus ada 1 apel di dalam keranjang?

16. Berapa banyak volume tanah pada lubang di dalam lubang dengan panjang 3 meter, lebar 2 meter, dan kedalaman 1 meter?

17. Adi memiliki sebuah botol. Kemudian Adi memasukkan koin ke dalam botol tersebut. Setelah itu, Adi menyumbatnya dengan menggunakan gabus. Bagaimana caranya agar Adi bisa mengeluarkan koin yang ada di dalam botol tanpa harus menarik gabus penyumbat atau memecahkan botol tersebut?

Jawaban Teka-teki Logika

1. Posisi pertama.
Penjelasan: Kalau Jorge Lorenzo yang ada di posisi pertama menyalip pembalap yang ada di posisi paling belakang, berarti pembalap yang ada di posisi belakang tersebut ketinggalan satu lap dengan Jorge Lorenzo.

2. 9 x 9 + 9 + 9 + 9 : 9 = 100

3. Tetap 10 menit.
Penjelasan: tinggal rebus aja secara bersama-sama.

4. Karrena ia berjalan mundur.

5. 20 kali
8, 18, 28, 38, 48, 58, 68, 78, 80, 81, 82, 83, 84, 85, 86, 87, 88, 89, 98

6. Sama besar.
Penjelasan: 
56% x 65 = 65% x 56
56/100 x 65 = 65/100 x 56 => kedua ruas dikali 100
56 x 65 = 65 x 56

7. 1 orang
Penjelasan: adik laki-laki dari anak perempuan yang satu adalah adik laki-laki dari anak perempuan lainnya.

8. Umur kakak 11,5 tahun dan umur adik 9,5 tahun.

9. 1, 2, dan 3
Penjelasan: 1 + 2 + 3 = 6; 1 x 2 x 3 = 6 => 1 + 2 + 3 = 1 x 2 x 3

10. Sama berat, volumenya yang berbeda.

11. Kedua unta memang sudah saling berhadapan.

12. Posisi kedua.

13. huruf 'd'

14. 888 + 88 + 8 + 8 + 8 = 1.000

15. 1 anak diberi 1 buah apel bersama dengan keranjangnya.

16. Tidak ada, kan lubang.

17. Dorong gabus sampai masuk ke dalam botol, kemudian balik botol dan goyangkan botol sampai koin yang ada di dalam botol keluar.

teka-teki logika

Itulah kumpulan teka-teki logika dan jawabannya. Jika ada yang kurang jelas atau ada yang salah, silakan komentar!
1. Posisi pertama.
Penjelasan: Kalau Jorge Lorenzo yang ada di posisi pertama menyalip pembalap yang ada di posisi paling belakang, berarti pembalap yang ada di posisi belakang tersebut ketinggalan satu lap dengan Jorge Lorenzo.

2. 9 x 9 + 9 + 9 + 9 : 9 = 100

3. Tetap 10 menit.
Penjelasan: tinggal rebus aja secara bersama-sama.

4. Karrena ia berjalan mundur.

5. 20 kali
8, 18, 28, 38, 48, 58, 68, 78, 80, 81, 82, 83, 84, 85, 86, 87, 88, 89, 98

6. Sama besar.
Penjelasan:
56% x 65 = 65% x 56
56/100 x 65 = 65/100 x 56 => kedua ruas dikali 100
56 x 65 = 65 x 56

7. 1 orang
Penjelasan: adik laki-laki dari anak perempuan yang satu adalah adik laki-laki dari anak perempuan lainnya.

8. Umur kakak 11,5 tahun dan umur adik 9,5 tahun.

9. 1, 2, dan 3
Penjelasan: 1 + 2 + 3 = 6; 1 x 2 x 3 = 6 => 1 + 2 + 3 = 1 x 2 x 3

10. Sama berat, volumenya yang berbeda.

11. Kedua unta memang sudah saling berhadapan.

12. Posisi kedua.

13. huruf 'd'

14. 888 + 88 + 8 + 8 + 8 = 1.000

15. 1 anak diberi 1 buah apel bersama dengan keranjangnya.

16. Tidak ada, kan lubang.

17. Dorong gabus sampai masuk ke dalam botol, kemudian balik botol dan goyangkan botol sampai koin yang ada di dalam botol keluar.

Teka-teki Lucu dan Jawabannya | Tebak-tebakan

Teka-teki lucu yaitu teka-teki berupa pertanyaan yang jawabannya bertujuan untuk humor. Sebagai bahan candaan, teka-teki ini bisa dimainkan sebagai permainan alternatif ketika sedang bersama dengan teman atau keluarga. Atau bisa juga sebagai bahan untuk SMS ke teman atau saudara.



Untuk mendapatkan teka-teki lucu, bisa melalui buku. Bahkan dulu pernah ada layanan SMS humor yang menyediakan tebak-tebakan lucu. Namun, layanan tersebut sekali SMS bisa menyedot pulsa yang jumlahnya lumayan besar untuk SMS-an. Dengan berkembangnya internet dan perangkat gadget yang sudah banyak beredar, untuk mendapatkan teka-teki lucu tinggal akses internet saja. Ada berbagai web yang menyediakan tulisan berupa humor teka-teki lucu, salah satunya adalah situs ini.

Dari berbagai banyaknya teka-teki, bisa dibuat teka-teki baru yang agak mirip. Memang perlu kreativitas, namun tak ada salahnya untuk mencoba mengarangnya.

Berikut ini kumpulan teka-teki lucu.

1.  Teka-teki lucu pertama
A: Apa perbedaan SAPI dengan API?
B: Sapi ada S nya kalo api nggak ada S nya.
A: Salah! Kalo sapi dingin, kalo api panas.
B: Api bener panas, tapi kok sapi dingin?
A: Kan tadi katanya sapi ada S nya.

2. Teka-teki lucu kedua
A: Kalau POS dibalik jadi apa?
B: SOP
A: Kalo SOP dibalik jadi apa?
B: POS
A: Salah! Jadi tumpah!

3. Apa bahasa Inggrisnya keramas?
Jawaban: golden monkey

4. Udah dapetinnya susah-susah, tapi begitu udah dapet malah dibuang, apakah itu?
=> upil

5. Yang jual nggak makan, yang makan nggak beli, dan yang beli nggak makan. Apakah itu?
=> rumput

6. Buah apa yang kulitnya banyak durinya, dalemnya isinya duren?
=> durian

7. Kapur berwarna putih kalo dimasukkan ke dalam air jadi apa?
=> jadi basah

8. Yang jual nggak make, yang make nggak beli, dan yang beli nggak make. Apakah itu?
=> batu nisan

9. Letaknya dekat, tapi gak bisa dilihat, apakah itu?
=> telinga

10. Hewan apa yang besar semuanya?
=> tikus, kalo kecil namanya curut

11. Siapa orang yang kalo hasil karyanya diinjak-injak, dia nggak marah?
=> tukang pembuat sandal

12. Kenapa nyamuk lebih kurus daripada lalat?
=> karena nyamuk sering begadang

13. Kenapa dokter kalo lagi operasi pasien, mulutnya ditutup?
=> soalnya kalo matanya yang ditutup, ntar nggak kelihatan

14. Apa perbedaan sekolah dengan RSJ?
=> kalo sekolah yang sakit boleh pulang, sedangkan kalo RSJ yang sehat boleh pulang.

15. Hewan apa yang namanya hanya terdiri dari 2 huruf?
=> udang, U dan G

16. Hewan apa yang kepala di kaki, mata di kaki, mulut di kaki, hidung di kaki, semuanya di kaki?
=> kodok keinjek

17. Hewan apa yang kaki di kepala, semuanya di kepala?
=> kutu rambut lagi nyari makan

18. Kenapa banyak mobil yang berhenti di lampu merah?
=> karena direm

19. Bis apa yang bikin orang sebel?
=> bisa macet, bisa antre, bisa mobil mogok

20. BMW yang mahal apanya?
=> W-nya, kalo W-nya diganti X, jadi BMX

21. Pintu apa yang kalo didorong susah dibuka?
=> pintu yang tulisannya tarik.

22. Ikan apa yang hidupnya di darat?
=> i...kan kambing, ayam, sapi

23. Lampu apa yang kalo dipecahin keluar orang?
=> lampu tetangga

24. Katak apa yang bisa terbang?
=> katakawankawan sih burung.

25.Terdiri dari 6 huruf, huruf awalnya K, huruf terakhirnya L, dan bentuknya lonjong. Apakah itu?
=> KapsuL

26. Apa perbedaan kepala dan kelapa?
=> kepala dicukur jadi botak, kalo kelapa dicukur jadi batok

27. Teka-teki lucu ke-27
A: Buah apa yang bikin bingung?
B: Hmmm... nyerah deh.
A: Buah apel.
B: Lho, kok apel?
A: Tuh kan bingung.

28. Kalo lahir menangis, kalo pergi ditangisi. Apakah itu?
=> manusia, kalo lahir menangis, kalo meninggal ditangisi.

29. Di hidung ada, di kening nggak ada, di rambut ada, di alis nggak ada, di pipi nggak ada, di mata tidak ada, di mulut ada. Apakah itu?
=> huruf U

30. Adanya di tengah malam dan di ujung bantal, apakah itu?
=> huruf L

Itulah kumpulan teka-teki lucu untuk hiburan. Selain untuk hiburan, juga untuk mengasah kreativitas otak. Kalau Anda juga punya teka-teki, Anda bisa membaginya di sini melalui kolom komentar.

Dowload Teka-teki Silang (TTS) Edisi #5

Kali ini admin share lagi TTS yang bisa didownload dan bisa dimainkan langsung di komputer, laptop, netbook, notebook, tablet, dan handphone asalkan mendukung javascript.

Berikut ini adalah gambar penampakan TTS edisi ke-5.
teka-teki silang, asah otak, menambah kosakata


Mendatar:

1.Nazar.
4.Incar.
9.Usaha.
10.Huruf.
12.... Urbaningrum (mantan ketua umum partai Demokrat).
14.Port pada komputer.
15.Logat.
18.Instansi pemerintah.
21.Di (Jawa).
22.Tanpa Nama (Inggris).
23.Negara di Afrika yang beribukota di Kigali.
25.Perkakas.
26.Pohon beringin.
29.Universitas Negeri Gorontalo.
31.Tidak banyak tingkah.
32.Pesan.
33.Angkatan Laut.
34.Panas dari cahaya yang berasal dari sesuatu yang terbakar.
35.Elok.
38.Pokok pangkal.
41.Makhluk hidup.
42.Gerakan.
44.Kesulitan yang seolah-olah tak terpecahkan.
46.Suka sekali.
47.Barang yang menjadi kekayaan.
48.Uap dapat terlihat yang dihasilkan dari pembakaran.

Menurun:

1.Diulang: bersenang-senang.
2.Hari sesudah besok.
3.Mencakar-cakar tanah untuk mencari makanan.
4.Perlahan.
5.Nama alat musik.
6.Kain putih yang jarang tenunannya.
7.Nama huruf kedua abjad Arab.
8.Hal yang terlarang menurut kepercayaan atau adat.
11.Diulang: percuma.
13.Berasa pusing.
16.Pantun kilat.
17.Logam mulia.
19.Zat penyebab polusi.
20.Permaisuri.
24.Tanggul.
26.Negara beribukota Yerevan.
27.Sebelum.
28.Tidak setuju.
30.Udara yang diisap melalui hidung atau mulut dan dikeluarkan kembali dari paru-paru.
32.Komponen angin yang secara teoritis dinyatakan sebagai akibat perubahan tekanan terhadap waktu yang tidak seragam.
36.Lubang besar.
37.Mengerti.
38.Masakan.
39.Penyakit gangguan pernapasan.
40.Diulang: sesuatu yang menjadi penyebab.
43.Penyedia layanan internet.
45.Papa.

Download Teka-teki Silang #4

Download teka-teki silang buatan admin www.teka-tekisilang.com. TTS ini bisa dimainkan di komputer maupun laptop. Download dan mainkan game asah otak ini!

Berikut ini adalah penampakan TTS untuk edisi ke-4.

Mendatar:

1.Perapian kecil dengan arah sebagai bahan bakarnya.
6.Pengampunan atau penghapusan hukuman yang diberikan kepala negara kepada pelaku tindak pidana tertentu.
10.Yang meneruskan.
11.Lentera listrik pada sepeda.
12.Alat tubuh seperti kelenjar yang terdapat di kanan kiri tekak.
16.Lubang.
20.Cincin.
23.Sedih.
24.Unit Gawat Darurat.
25.Tempat kedudukan tentara.
26.Baju takwa.
29.Laba-laba.
33.Bahan pakaian.
37.Terpenggal sama sekali.
38.Huruf pertama nama orang.
39.Lentera yang dibuat dari kertas.
40.Sajak yang terdiri dari delapan larik dalam satu bait.

Menurun:

1.Damar keras seperti batu dan berbau harum.
2.Padang pasir.
3.Salah satu masakan olahan daging ayam.
4.Mengasapi.
5.Enak di hati.
6.Harapan.
7.Kata penghalus yang dipakai sebagai pengganti kata tabu.
8.Sedih (Inggris).
9.Sakit (Inggris).
13.Mua besar.
14.Nama buah.
15.Pasti.
17.Golongan oposisi.
18.Kumandang.
19.Bulai.
21.Ritme.
22.Kelenjar kelamin pada hewan.
27.Rapat.
28.Giat.
30.Negara bagian AS yang beribukota di Columbus.
31.Tak tampak.
32.Ibukota Norwegia.
33.Ruang besar di rumah sakit.
34.Nilai Ebtanas Murni.
35.Diulang: tali pelontar batu.
36.Mesin untuk memisahkan serat-serat kapas dari bijinya.

Download Teka-teki Silang Edisi 3

Melanjutkan edisi sebelumnya, kali ini www.teka-tekisilang.com menghadirkan game TTS yang bisa di-download dan dimainkan di komputer langsung di web browser.

Berikut ini adalah penampakan TTS edisi ke-3.
gambar teka-teki silang

Mendatar:

1.Bagian antara buku dan buku.
4.Bahan peledak yang tidak berasap.
8.Apa yang tertinggal.
10.Mencampur obat.
11.Secara.
12.Nama pulau di Indonesia.
13.Patung untuk peragaan busana.
14.Mengkudu (Inggris).
15.Benda cair yang dapat melarutkan emas.
17.Tuhan (Inggris).
18.Nada suara tertinggi pria antara sopran dan tenor.
20.Registrasi (singkat).
21.Menggendong di pinggang.
23.Tetap.
26.Pemiara binatang ternak.
30.Negara di Eropa beribukota Kiev.
34.Dapat dikenai.
36.Suka mengusik.
37.Kerah baju.
38.Tas anyaman dari kulit kayu pada suku Badui.
39.Seni (Inggris).
40.Gabah.
42.Tidak sama.
43.Lentur.
44.Pangkal permulaan.
45.Sasaran.
46.Memasuki tubuh manusia.
47.Dapat.
48.Ketidaknormalan.
49.Logam mulia.

Menurun:

1.Nama makanan yang dibuat dari daging.
2.Merk minuman teh botol.
3.Usut; selidik.
4.Penyakit gangguan pernapasan.
5.Katak kecil.
6.Mengulang pelajaran.
7.Keranjang dari rotan atau jaring berbingkai.
8.Orang yang ditawan untuk dijadikan jaminan.
9.Senajat api laras panjang.
16.Apa yang tertinggal.
19.Regu; kelompok.
22.Nada keenam pada urutan tangga nada diatonik.
24.Satuan luas.
25.Penyedia layanan internet.
27.Jenis zat adiktif.
28.Uang yang dikeluarkan untuk suatu kebutuhan.
29.Lampu kecil bertutup kaca.
30.Mengasapi.
31.Republik Indonesia.
32.Kabar angin.
33.Kain satin yang mengkilat.
34.Ibukota provinsi Sulawesi Utara.
35.Orang tua istri / suami.
38.Mengocok (Inggris).
40.Indah dan sedap dipandang mata.
41.Kertas pengelap wajah.